Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah ya
pandemi sudah mulai usai. Jujurly, pandemi mengajarkan banyak hal. Dimana pada
tahun 2019 aku mulai banyak waktu luang untuk nulis dan juga konten.
Di tahun yang sama juga, menemukan
peluang di dunia tersebut. Dimana dari anak usia sekolah sampai dewasa tidak
lepas untuk menggunakan gadget. Belajar mandiri anak-anak butuh konten pembelajaran.
Begitu juga orang dewasa butuh kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah.
Berkahnya banyak
perusahaan-perusahaan yang melirik untuk berkerja sama membuat digital
marketing.
Sekarang pandemi mulai usai.
Kebiasaan menggunakan gadget dalam waktu yang lama berkurang. Sebab harus
bekerja secara offline. Konsumsi konten online otomatis berkurang jika
dibandingkan saat Pandemi COVID-19.
Hmmm, lalu bagaimana digital campaign
bertahan? Bagi kamu konten kreator ini penting banget agar tetap bertahan dan
tumbuh di era ini. Berikut ini tips sukses jalankan digital campaign di era pasca
pandemi by IDN Creative yang bisa ditiru:
Miliki Feksibilitas dalam Bekerja
IDN Creative adalah salah satu unit
bisnis IDN Media berbentuk agensi digital. Cara IDN Creative dalam merancang
dan mengeksekusi campaign adalah dengan fokus pada brand storytelling dan
data-driven strategy.
Naomi Silitonga selaku Campaign
Manager IDN Creative membeberkan caranya dengan menjalin komunikasi dan kerja
sama yang baik dengan berbagai pihak, menjaga komitmen terhadap timeline
project yang sudah disepakati.
Nah, ketika membuat sebuah konten
hendaknya up to date dengan kondisi saat ini. Sesuai sehingga tujuan dari brand
tersebut tersampaikan melalui konten.
Misalnya nih, orang orang sedang
demam piala dunia, tidak ada salahnya buat konten yang berbau dengan hal
tersebut.
Koordinasi dengan Cepat agar Tak Melewatkan Momentum
Melakukan koordinasi dengan cepat dan
tepat agar tidak melewatkan momentum. Mengimbangi even pasca pandemi banyak
dilakukan secara offline.
Berbagai brand berlomba-lomba untuk
membuat event atau menjadi sponsor event offline tersebut. So, koordinasi dengan
sat set sat set baik peliputan dan pembuatan artikel.
“Kami mesti berpacu dengan waktu.
Karena jika artikel ini terlalu lama dalam proses feedback dan approval,
otomatis berita tentang event offline tersebut sudah terlewat momentumnya.
Sehingga, setiap koordinasi harus dilakukan dengan cepat dan tepat.” ungkap
Cynthia.
Hadirkan Campaign yang Unik agar Menarik Minat Masyarakat
Digital campaign di era pasca pandemi
hendaknya unik, sehingga menarik dan diingat masyarakat. Melansir dari Copy Editor IDN Creative
Anastasia Desire masyarakat butuh refreshment. Dari sisi konten, topik yang mengandung
entertainment dan jokes adalah yang paling disenangi. Rumusnya, semakin unik
campaign yang dibuat, maka semakin banyak masyarakat yang penasaran, klik
konten, membeli dan mengshare konten tersebut.
Posisikan Diri Sebagai Konsumen
Untuk membuat campaign yang relevan
di situasi pasca pandemi. Hendaknya mengeksekusi tips dari Campaign Manager IDN
Creative Lamtiar Sihombing. Contoh yuk, jadi marketers harus mencoba memposisikan
diri sebagai konsumen. Kemudian mengenali perubahan behavior target konsumen
terhadap pergantian situasi agar dapat membantu mereka untuk menentukan
platform dan konten yang efektif mengena target konsumen. Yang jelas inovasi
dan inovasi harus berkelanjutan dibangun.
Beliau menambahkan offline marketing
dan online marketing harus berkolaborasi. Dimana, meskipun perkembangan digital
campaign melesat cepat, offline marketing pun masih tetap memiliki peran yang
besar dalam menyampaikan brand message. So, keduanya berjalan seiring dalam menggaungkan
campaign dalam jangkauan lebih luas.
Penutup
Nah, itulah tips sukses jalankan
digital campaign di era pasca pandemi by IDN Creative yang bisa ditiru. Asal
mau belajar, konsisten dan bekerja keras di era apapun insya allah tetap
bertahan. Happy berkreatifitas all!
Posting Komentar
Posting Komentar